Cara Menyimpan Tahu Agar Tahan Lama

Menyimpan tahu memang gampang-gampang susah. Bahan makanan yang kerap digunakan di Indonesia ini bisa berbau tak sedap bila tak disimpan dengan benar. Padahal, sebenarnya tahu bisa disimpan hingga 10 hari lamanya, lho! Ingin tahu caranya? Berikut cara menyimpan tahu agar tahan lama dari redaksi KOKI:

  1. Buang air perendamnya. Cuci tahu yang sudah dibeli di bawah air mengalir dan tiriskan.
  2. Agar awet, sebaiknya kukus tahu selama kurang lebih 15 menit setelah dicuci. Biarkan dingin.
  3. Kemudian masukkan ke dalam wadah bersih. Tuang air hingga menutup seluruh permukaan tahu. Penambahan air ini dilakukan untuk menghentikan proses fermentasi. Jika dibiarkan tahu menjadi asam rasanya. Tutup rapat wadah dan masukkan ke dalam kulkas.
  4. Agar kualitas rasa tahu tidak berubah, sebaiknya gunakan selalu air matang untuk merendamnya. Karena air matang bisa dipastikan bakteri pada air sudah mati selama proses perebusan.
  5. Ganti air perendam setiap hari.
  6. Biarkan tahu dalam kondisi utuh dan jangan dipotong-potong saat disimpan. Untuk menjaga agar tekstur tahu tetap bagus. Dengan cara tersebut tahu akan hingga 10 hari.

Cara menyimpan tahu ini tidak susah bukan? Saat membeli, sebaiknya Anda juga memastikan bahwa tahu tak berbau menyengat dan kulitnya tak berlendir. Selamat mencoba!

About the author

Related

JOIN THE DISCUSSION