Ini Cara Tepat Bersihkan Talenan, Jangan Sembarangan!

0
48
tips membersihkan talenan

Talenan memang sekedar alas untuk memotong bahan makanan. Namun jika tidak dirawat dengan benar, bisa jadi sarang bakteri. Dampaknya bisa berbahaya bagi kesehatan. Kami berikan beberapa tips membersihkan talenan berdasarkan bahan alas potong tersebut:

Talenan Kayu

Talenan ini mudah dijumpai dimana-mana. Dan memang jamak digunakan. Terbuat dari bahan alami membuatnya banyak dipilih.

Pembersihan

  1. Sebelum memakai talenan, cuci bersih
  2. Olesi dengan minyak sayur minimal sebulan sekali
  3. Tiap tiga bulan, gosok dengan baking soda. Kemudian guyur dengan air bersih untuk hilangkan bau
  4. Ingin cara cepat? Gunakan oven selama lima menit. Nyalakan dalam suhu rendah. Setelah hangat, matikan, dan masukkan alas potong. Biarkan hingga kering.

Catatan: Lebih baik jika Anda menyiapkan minimal dua talenan berbeda. Satu untuk bahan yang belum masak, satunya yang sudah matang. Kalau bisa pilih bentuk yang berbeda sehingga lebih mudah mengingatnya.

 Perawatan

  1. Jangan biarkan basah dan lembab terlalu lama. Talenan dapat melengkung dan berjamur.
  2. Agar tidak kusam, lakukan ini tiap dua minggu sekali. Taburi permukaannya dengan garam. Lalu gosok merata dengan setengah lemon (atau jeruk nipis). Diamkan lima Bilas dengan air panas lalu keringkan.
  3. Buat sendiri krim perawatan khusus talenan kayu. Campur lilin sarang lebah dan minyak biji bunga matahari (1:4). Usapkan krim merata di seluruh permukaan. Minimal sebulan sekali. Ini akan memberi lapisan pelindung anti kuman.

 Talenan Plastik

Talenan plastik dianggap lebih praktis. Mudah dibersihkan dan tidak butuh perawatan rumit dibandingkan bahan kayu.

Pembersihan

  1. Pakai spons yang dicelup campuran air hangat dan sabun cuci piring secukupnya. Selalu bilas talenan dengan air panas. Lalu keringkan dengan lap bersih.
  2. Jika punya dishwasher (mesin pencuci peralatan dapur, red) pastikan setel di suhu terpanas.
  3. Untuk hilangkan noda membandel, Campur sabun cuci piring dan cuka (1:2), gosokkan dengan sikat ke bagian bernoda. Diamkan 10 menit. Bilas dengan air hangat.
  4. Pakai lemon untuk membuat talenan lebih higienis. Gosokkan setengah lemon di kedua sisi talenan. Masukkan ke microwave atau  rebus di air mendidih selama tiga menit.
  5. Simpan dalam posisi berdiri atau lebih baik digantung.

Catatan: Manfaatkan ragam warna talenan plastik yang tersedia. Itu akan memudahkan anda dalam membedakan penggunaannya. Contohnya, pakai merah untuk protein hewani mentah. Hijau untuk alas memotong buah dan sayuran. Putih untuk bahan matang.

LEAVE A REPLY