Foto: Getty Images
Hidup Sehat

Menyimak Kiat Bugar Ratu Elizabeth II di Usia Senja

106views

Siapa yang tak tahu Ratu Elizabeth II? Nenek Pangeran William dan Pangeran Harry ini, merupakan pemimpin terlama di Kerajaan Britania Raya, termasuk Inggris dan Irlandia.

Sampai saat ini, Sang Ratu masih aktif mengikuti berbagai jadwal Kerajaan yang super padat. Padahal usianya sudah sangat senja, sekitar 92 tahun.

Hal tersebut menimbulkan banyak tanya, bagaimana ia menjaga kebugarannya. Lalu apa kiat bugar Ratu Elizabeth? Menurut koki resmi Kerajaan, Darren McGrady mengungkapkan, Sang Ratu sangat disiplin dalam menjaga pola makannya. Ia memiliki daftar makanan apa saja yang dihindari dan diperbolehkan. Berikut di antaranya:

Pantangan Makanan:

1. Makan Pisang Utuh

Ratu Elizabeth II tidak akan pernah mengonsumsi pisang secara utuh dari kulitnya. Menurutnya hal tersebut seperti kera dan dapat memengaruhi postur tubuh menjadi tak tegap dan sebagainya. Untuk itu, Sang Ratu mengupas pisang dengan pisau, lalu mengonsumsinya dengan garpu.

2. Pati

Darren, sebagai koki resmi Kerajaan paham betul bahwa Ratu menghindari bahan makanan pati atau zat tepung, seperti pasta, roti, dan kentang saat makan siang. Ratu Elizabeth lebih memilih salad, ikan bakar atau ayam dengan sayuran.

3. Bawang

Siapa pun yang bertemu dan menyapa seseorang tak ingin memiliki nafas tak sedap. Begitu pula dengan Sang Ratu. Ia menghindari bawang merah dan bawang putih dalam makanannya sebisa mungkin agar terhindar dari nafas yang menyengat.

Baca: Cinta Laura Bagi Daftar Menu Makanannya untuk Jaga Bentuk Badan

4. Buah di Luar Musim

Ratu Elizabeth II menghindari mengonsumsi buah di luar musimnya tumbuh. Contohnya saja, ia akan mengonsumsi stroberi selama musim panas dan menghindari buah ini selama musim dingin,

5. Pinggiran Roti

Saat mengonsumsi sandwich, Sang Ratu mengajukan permintaan khusus untuk koki Kerajaan. Mereka harus menyiapkan sandwich tanpa pinggiran roti sandwich-nya. Baginya makanan tersebut untuk burung.

Boleh dikonsumsi:

1. Teh dan Wine

Sebagai salah satu budaya di Inggris, kurang afdal rasanya bila belum minum teh. Hal ini juga dilakukan oleh Sang Ratu. Beliau mengonsumsi teh Earl Grey dan Darjeeling dengan campuran susu tanpa gula di pagi hari dilengkapi dengan kukis.

Untuk wine sendiri, Ratu minum wine asal Jerman seperti Gin dan Dubonnet yang disertai sepotong lemon dan es batu. Tak lebih dari empat gelas sehari.

Baca: Roti Tawar Kukus Ragout untuk Buah Hati Anda

2. Telur Orak-Arik

Apa yang ada di benak Anda bila harus menebak sajian sarapan Ratu Elizabeth II? Bukan sesuatu yang mewah, hanya saja telur orak-arik ditambah dengan salmon asap. Plus sereal dengan merk Special K. Produk tersebut dapat dengan mudah ditemukan di supermarket Inggris. Menarik karena menu tersebut tak beda jauh dengan rakyat pada umumnya.

3. Serba Panggang

Sama seperti anggota bangsawan Inggris lainnya, Sang Ratu menyukai daging panggang berjenis pheasant, grouse, partridge, beef, atau venison yang berkualitas baik. Yang pasti harus dimasak matang sempurna alias well done.

Selain itu, menu utama makan siang dan malam untuk Sang Ratu ialah ikan segar panggang seperti salmon, sprout, dan lainnya yang kaya akan omega-3. Sajian tersebut disempurnakan dengan sayuran segar.

4. Sayur dan Buah

Sang Ratu merupakan penggemar buah stroberi, raspberi, dan gooseberi. Saking sukanya, ia memiliki pekarangan di rumahnya di Balmoral Castle sehingga bisa menikmati ketiga buah ini hampir setiap hari.

Tak hanya itu saja, wanita yang lahir pada 21 April 1926 ini juga tak pernah absen mengonsumsi salad berisi sayur dan buah-buahan segar.

5. Sandwich

Saat upacara minum teh di sore hari, ibu dari Pangeran Charles ini mengonsumsi sandwich berbentuk segitiga dengan isian salmon asap, telur, sayuran, dan mayones. Untuk camilannya, Sang Ratu mengonsumsi Jam pennies, camilan khas Inggris berupa roti kering dengan selai raspberi di tengahnya.

6. Cake Cokelat Hitam

Cake cokelat hitam adalah makanan yang paling disukai Ratu Elizabeth II. Kapan pun dan dimana pun, ia meminta koki resmi Kerajaan untuk menyiapkan sajian satu ini di saat minum teh pagi atau sore. Tentu Sang Ratu mengonsumsi makanan satu ini sesuai takaran yang dianjurkan dokter. (*)