Owner mempersiapkan sendiri hidangan untuk tamu. Foto: Net
Ragam

Restoran Unik! Lost Kitchen Hanya Terima Reservasi Melalui Kartu Pos

33views

Sudah tahun 2018, hampir semua urusan dipermudah berkat adanya teknologi. Sebut saja saat memesan sebuah tempat di restoran. Bisa lewat email, aplikasi, telepon, dan lain sebagainya. Tapi tidak untuk restoran uni yang satu ini.

Bernama Lost Kitchen. Resto yang terletak di pinggiran Maine, Perancis ini, hanya menerima reservasi lewat kartu pos. Bagaimana bisa?

Hal ini bermula dari sang pemilik, Erin French yang begitu kewalahan menerima telepon untuk reservasi. Totalnya mencapai 10.000 panggilan dalam 24 jam. Hal ini membuat para staf kelelahan, karena harus standby dan tidak memiliki waktu istirahat.

Baca juga: 6 Teknik Makan di Restoran All You Can Eat

Para pelanggan terus berdatangan di lokasi, yang lainnya membuat jaringan telepon lokal di Perancis sibuk, dan sampai-sampai pemerintah setempat menyalakan alarm tanda waspada.

”Saya pikir hal itu adalah gila. Jadi, dengan mengirimkan kartu pos adalah cara terbaik untuk bertahan hidup, dan cara paling orisinil untuk mengatasi banyaknya reservasi,” ujar Erin, yang juga seorang chef itu.

Foto: Net

Awalnya Erin tak menyangka, bahwa resto-nya akan menarik perhatian dunia. Ia hanya menyediakan satu makanan khas Maine, yang berubah tiap malamnya. Semua pelanggan yang hadir menikmati makanan sama. Lokasinya pun jauh dari hingar-bingar perkotaan. Freedom, nama wilayah tersebut–hanya dihuni 700 orang saja.

Sebagai gambaran, Lost Kitchen yang berkapasitas 45 tempat duduk ini buka pada 1 Mei-1 Januari. Dengan perminggunya selama empat hari. Meski cara reservasi sudah diganti (hanya melalui kartu pos) minat dan jumlah permintaan reservasi justru semakin banyak.

Baca juga: 8 Makanan yang Bikin Kulitmu Kinclong Sempurna

Bagi calon pelanggan yang ingin memenuhi rasa penasarannya, petunjuknya sederhana. Pada kartu pos berukuran 8x13cm yang diberi cap pos antara 31 Maret dan 10 April, sertakan nama, alamat, nomor telepon, dan alamat email.

Catatan bersifat opsional. Kemudian, Lost Kitchen akan memilih calon pelanggannya secara acak. Sampai bulan Oktober ini saja, Erin menerima lebih dari 20.000 kartu pos, dua kali lipat jumlah permintaan yang diterima pada tahun 2017. Surat itu masuk dari 21 negara.

”Surat-surat tersebut membuat kami sedih, terharu, menangis dan tertawa. Campur aduk rasanya,” kata Erin yang akan mengeluarkan buku resep keduanya tahun ini.

Baca juga: 3 Bahaya Teh Hijau yang Kurang Baik Untuk Kesehatan

Butuh waktu tiga minggu bagi Erin dan tim, untuk menyaring surat dan memilih kartu keberuntungan secara acak. Penarikan kartu tidak terbatas pada staf–siapa pun diizinkan–termasuk di antaranya gadis kecil.

”Ada beberapa hari di mana kartu pos berwarna hot pink dan glitter, dipilih karena ada seorang gadis 9 tahun di sini membantu kami,” ucap Erin sambil terbahak.

”Banyak sekali catatan lucu maupun puisi romantis yang tertulis di kartu pos. Hal itu semata-mata dilakukan calon pelanggan, agar mereka bisa terpilih,” ungkap wanita 36 tahun ini.

Baca juga: 12 Superfood yang Mampu Mendetoksifikasi Tubuh

Erin menambahkan, staf restoran mengatur kartu yang dipilih pada malam hari, sehingga mereka mengetahui calon pelanggan datang dari negara mana.

”Saat pelanggan datang, aku dan tim berujar, ’Kami kedatangan tamu dari Texas’, kemudian ’Ya Tuhan, ada seseorang yang datang dari Hawaii malam ini,’” kata Erin.

Foto: Net

Dengan mengetahui latar belakang pelanggannya, Erin merasa ada keterikatan batin tentang siapa yang akan datang, bahkan sebelum mereka datang di depan pintu.

Allie Olivier, calon pelanggan Lost Kitchen yang diwawancarai oleh The Washington Post mengatakan, bahwa ia sudah mengirimkan kartu pos sejak tiga tahun lalu. Sempat merasa putus asa dan lupa akan keinginannya, mencicipi makanan buatan Erin French dan tim.

Allie begitu syok saat berada di tengah kereta malam di Vietnam. Ia melihat kode area 207 di ponselnya. Namun, karena sinyalnya yang buruk, mereka hampir tidak dapat mendengar satu sama lain.

”Bisakah kamu mendengarku? Bisakah kamu mendengarku? Kami ingin reservasi, jangan lepaskan!” ujar Allie sambil teriak di kereta.

Baca juga: 5 Manfaat Alami Air Kelapa untuk Merawat Kesehatan Kulit

Lalu bagaimana nasib kartu pos yang tak terpilih? Erin mengatakan bahwa semuanya masih ada di restoran.

”Kami masih mencari tahu apa yang harus dilakukan,” kata Erin yang merupakan warga asli Freedom, Maine, Perancis ini.

”Beberapa dari mereka berpeluang mendapatkan tempat tahun depan,” ujar ibu anak satu ini sambil tersenyum. (*)