Foto: Harpers Bazaar
Diet

7 Tips Agar Diet tak Lagi Menjemukan!

227views

Bagi sebagian orang, diet menjadi sesuatu rutinitas yang berat dan menyiksa. Namun hal tersebut dapat diatasi. Dengan tips diet ini, kamu bisa melakukan diet dengan cara menyenangkan. Seperti apa?

1. Makan Lebih Banyak

Membaca judul di atas mungkin kamu terheran-heran, bagaimana bisa makan lebih banyak? Bukankah hal itu justru akan menggagalkan program diet? Tunggu dulu. Ternyata bukan sembarang makanan.

Menurut sebuah penelitian yang dilakukan oleh Penn State University, AS, mengonsumsi sayuran dan buah dengan porsi yang lebih besar, dapat membuat perut kenyang lebih lama.

Pasalnya, dua jenis makanan tersebut kaya akan serat dan rendah kalori. Tips lain yang dapat kamu lakukan adalah mengonsumsi sayuran dan buah terlebih dahulu, yang kemudian dilanjutkan dengan minum air putih. Hal ini dilakukan agar kamu dapat mengontrol asupan lain yang masuk dalam tubuh.

2. Makan Teratur

Mungkin kamu bosan mendengar saran dari para ahli nutrisi, yang mengatakan bahwa jangan melewatkan waktu makan, atau manfaat pentingnya makan teratur. Menghindari atau melewati satu kali makan, berdampak pada porsi makan selanjutnya. Kamu cenderung mengasup makanan 20 persen lebih banyak.

Hal ini diamini pula oleh penelitian yang dilakukan Cornell University. Buruknya lagi, kamu ingin mengonsumsi karbohidrat tinggi, dan lemak dibanding sayuran dan makanan lain yang kaya akan protein.

3. Sesekali ’Curang’

Sesuatu yang dilakukan setengah hati, tak akan berdampak baik. Seperti terpaksa menjaga pola makan. Bobot tubuh tak akan berkurang, malah bisa bertambah. Nah, sesekali curang tidak apa-apa selama kamu dapat mengontrol asupan yang masuk dalam tubuh.

Contohnya adalah Kendall Jenner, sosok model papan atas yang sehari-harinya selalu mengasup makanan sehat. Tak lupa berolahraga yang ditunjang dengan berbagai kegiatan. Sesekali ia menikmati cheat meals yang menjadi makanan selingan, yang tak ada dalam menu diet hariannya.

Hal ini berguna untuk mengurangi tekanan psikologis, yang mungkin dirasakan tatkala harus menahan makanan favorit.

Namun jangan terlalu sering ya, cukup satu kali dalam seminggu. imbangi dengan mengonsumsi teh hijau hangat. Minuman ini dapat meningkatkan etabolisme, dan pembakaran lemak dalam tubuh. Jangan lupa perbanyak minum air putih, supaya tubuh tetap terhidrasi dan bugar.

4. Camilan Sehat

Bila Anda lapar, dan ingin mengudap camilan, tak masalah. Asal jangan lupa pilih yang rendah lemak dan kalori seperti yogurt rendah lemak, kacang-kacangan seperti almond, kacang tanah, edamame. Avokad juga diperkenankan.

Selain itu, mengunyah permen karet (pilih yang rendah gula) juga diyakini bisa melancarkan program dietmu. Salah satu penelitian dari University of Rhode Island menunjukkan, peserta yang mengunyah permen karet akan mengonsumsi kalori lebih sedikit saat makan siang, dan mengurangi asupan di lain waktu.

Hal ini didukung pula oleh penelitian dari Lousiana State University. Bahwa permen karet dapat mengontrol nafsu makan, dan mengurangi keinginan ngemil. Dengan begitu, bila kamu rutin mengunyah permen karet, maka asupan harian dapat berkurang sebesar 40 kalori.

Tapi jika kamu masih mengonsumsi banyak makanan setelahnya, dan malas berolahraga, maka berat badan yang diimpikan tentu tak kunjung tercapai.

5. Mendengarkan Musik

Perut tak akan mudah lapar ketika kamu mendengarkan musik favorit. Utamanya lagu bergenre pop dan jazz. Fakta ini didukung oleh sebuah penelitian di Cornell University, AS yang mengungkapkan bahwa lagu bernuansa santai, dapat mengurangi nafsu makan. Sehingga kamu dapat mengontrol asupan yang masuk dalam tubuh, 200 kalori lebih sedikit dari biasanya.

6. Lakukan Hobi

Melakukan hobi seperti berkebun, nonton film, memotret, dan sebagainya, secara tidak langsung berdampak baik bagi program diet kamu. Pasalnya, saat melakukan kegiatan yang disenangi, bisa melepaskan stres.

Karena beban pikiran menjadi penyebab mudahnya lapar, dan perubahan dalam sistem metabolisme tubuh. Alhasil, program diet sering tidak berhasil hanya karena kamu kurang meluangkan waktu untuk bersenang-senang.

Untuk itu tak ada salahnya menyempatkan waktu ’me time’ agar tubuh tetap fit, dan pola makan tetap terjaga.

7. Cukup Tidur

Salah satu klaim gagalnya program diet adalah kurang tidur. Menurut dr. Erin Hanlon, seorang pakar metabolisme di Universitas Chicago mengatakan, bahwa orang yang kurang tidur menaikkan hormon ghrelin, sehingga nafsu makan meningkat, meski nutrisi harian sudah terpenuhi.

Begitu pula dengan orang yang tidur kurang dari 5 jam. Hormon leptin berkurang, yang mengakibatkan perut terus-terusan lapar. Mengunyah satu porsi makanan pun tak akan cukup. Kamu akan cenderung mengonsumsi makanan manis dengan kadar lemak tinggi.

Bila tak terkontrol, kelebihan kadar lemak dan kalori dapat mengakibatkan berbagai macam penyakit serius seperti diabetes, jantung dan obesitas. Gagal deh program dietnya. (*)