hal sepele bisa bikin gemuk
Diet

Hati-Hati, 11 Kegiatan Sepele Ini Bisa Bikin Gemuk!

280views

Ada beberapa hal, yang diam-diam membuat tubuh kian melebar. Padahal, kamu sudah melakukan berbagai cara, agar jarum timbangan berat badan menuju ke kiri (turun).

Dari olahraga rutin, jaga pola makan, mengonsumsi camilan sehat hingga mengkonsumsi suplemen tertentu. Namun tak jua berhasil.

Ada beberapa kebiasaan, yang terlihat sepele tapi justru bisa membuat badan makin gemuk. Mungkin salah satunya, biasa kamu lakukan. Apa saja kebiasaan itu?

1. Makan Terlalu Cepat

Foto: Net

Dalam sebuah studi yang dipublikasikan Journal of American Dietetic Association, menemukan bahwa orang dewasa yang makan cepat cenderung mudah gemuk. Hal tersebut juga didukung oleh studi yang dilakukan Universitas Osaka, Jepang.

Penelitian yang melibatkan kebiasaan makan 3000 orang tersebut menyatakan, bahwa 84 persen yang makan cepat lebih mungkin mengalami kegemukan. Hal ini dikarenakan otak membutuhkan proses waktu 20 menit untuk mendapati sinyal, bahwa perut sudah kenyang.

2. Makan Sambil Nonton

Foto: Net

Sebagian orang pasti pernah melakukan ini: makan sambil nonton. Entah nonton televisi, bioskop, gawai dan sebagainya. Kegiatan sepele tersebut, dapat membuat diri tak fokus pada makanan, dan secara tak sadar kamu makan dalam jumlah berlebih.

3. Label Low Fat

Sah-sah saja, bila kamu melakukan diet, dan ingin mengurangi makanan berlemak. Namun waspadai makanan siap saji berlabel low fat alias rendah lemak.

Pasalnya, lemak dalam makanan itu akan diganti dengan gula dan kandungan lain, yang pastinya mengandung kalori berlebih. Tak ayal, tubuh menjadi cepat lapar dan membuat kamu cenderung sering makan.

4. Melewatkan Sarapan

Foto: Net

Meski sedang diburu waktu, bukan menjadi alasan untuk melewatkan sarapan. Pasalnya, tubuh memerlukan energi untuk menghadapi hari yang padat.

Dengan tak sarapan, maka metabolisme menjadi lebih lambat. Dampaknya, tubuh menjadi cepat lapar, sehingga ada kemungkinan jam makan selanjutnya, kamu bernafsu untuk ‘balas dendam’.

5. Jam Tidur Berantakan

Foto: Net

Tenggat waktu pekerjaan, atau insomnia adalah dua dari sekian alasan yang mengganggu jam tidur. Padahal, setiap pengurangan durasi tidur 1 jam dalam sehari (normalnya 8 jam), dapat meningkatkan lemak tubuh sebanyak  3 persen. Fakta tersebut berdasar dari studi yang dilakukan oleh Universitas Bristol, Inggris.

Tak hanya itu saja, kurang tidur juga dapat meningkatkan nafsu makan berlebih berkat munculnya hormon kortisol. Hal tersebut yang menyebabkan mudah lapar di tengah malam. Apalagi bila kamu mengonsumsi makanan manis saat terjaga.

6. Kurang Minum Air Putih

Foto: Net

Kurangnya minum air putih, dapat menyebabkan tubuh terasa lemas. Hal tersebut biasanya dijadikan indikasi bahwa perut sedang lapar. Padahal tak selamanya demikian. Utamakan minum air sebelum makan, agar dapat mengontrol porsi makanmu. Alhasil, porsi makan menjadi lebih sedikit. Penuhi asupan air putih paling tidak 8 gelas sehari atau sekitar dua liter.

7. Minum Jus Dengan Pemanis

Foto: Net

Apakah kamu sering menambahkan pemanis seperti susu kental manis, atau gula pada jus buah? Bila iya, sebaiknya segera hentikan kebiasaan itu. Pasalnya, bahan pemanis tersebut merupakan alasan di balik mengapa berat badan tak kunjung turun.

8. Memotong Kecil Makanan

Foto: Net

Terkesan sepele dan sederhana, namun memotong makanan menjadi bagian yang lebih kecil justru menimbulkan keinginan untuk makan lebih banyak secara terus menerus. Perut memberikan sinyal ke otak bahwa dengan porsi kecil tersebut Anda tak akan merasa kenyang dan tak berpengaruh pada badan yang melar. Padahal justru sebaliknya.

9. Belanja Saat Lapar

Foto: Net

Bila kamu belanja dalam keadaan lapar, pasti semua yang ada di depan mata ingin dibeli dan dimakan. Betul tidak? Niat diet jadi gagal karenanya.

Pasalnya saat lapar, otak menerima sinyal ingin makan. Hal tersebut dipicu oleh hormone ghrelin, sehingga mengirimkan sinyal ingin membeli apa saja yang mengenyangkan, apapun yang ada di depan mata. Untuk mengatasi hal itu, makanlah sesuatu sebelum berpergian, agar tak ‘lapar mata’.

10. Tak Enak Hati

Foto: Net

Pernahkah kami makan sesuatu, karena ditawari dan tak sampai hati menolaknya? Bila diteruskan, hal tersebut dapat membuatmu cepat gemuk.

Kadang makanan yang dicamil tersebut mengandung kalori dan lemak berlebih, seperti gorengan, makanan siap saji, minuman manis bersoda.

11. Malas Menimbang

Foto: Net

Malas menimbang berat badan merupakan hal sepele yang bisa bikin gemuk. Kamu merasa baik-baik saja dengan bentuk tubuh yang sekarang, dan tak sadar mengonsumsi apapun di depan mata. Sehingga pola makan yang sudah dijalankan sebelumnya menjadi gagal.

Sebuah riset dari Cornell University mengungkapkan, bahwa mereka yang menimbang berat badan tiap pagi, sukses menurunkan berat badannya.

Hal tersebut secara tak sadar menempel di otak, sehingga kamu lebih perhatian bila berat badan lebih tinggi dari target yang diinginkan. (*/rez)