Foto: healthline.com
Hidup Sehat

6 Khasiat Goji Berry untuk Kesehatan dan Kecantikan

202views

Goji berry atau wolfberry, mungkin tidak terlalu populer di Indonesia. Tapi buah ini bisa didapatkan di supermarket tertentu, dalam bentuk kering di dalam kemasan.

Ukuran buahnya kecil sekitar 2 cm, dengan warna merah atau oranye. Bentuknya lonjong dan rasanya pahit manis.

Goji berry merupakan buah yang masuk dalam kategori superfood atau makanan super. Pasalnya, tidak hanya untuk kecantikan, goji berry juga punya manfaat besar untuk kesehatan. Buah ini sendiri telah digunakan dalam pengobatan tradisional di Tiongkok, sejak ribuan tahun lalu.

Goji berry mengandung banyak nutrisi seperti vitamin A, vitamin B1, vitamin B2, vitamin C, zat besi, selenium, kalium, seng, dan tembaga. Selain itu, juga mengandung anti-oksidan tinggi yang spesifik, yang disebut dengan Lycium barbarum polysaccharides.

Berikut beberapa manfaatnya:

Turunkan Berat Badan

Karena mengandung serat, buah ini juga bisa membuatmu merasa kenyang lebih lama. Sehingga, bisa menekan keinginan untuk makan atau ngemil.

Selain itu, dengan indeks glikemik yang rendah, membuat pelepasan gula ke dalam aliran darah menjadi lebih lambat. Ditambah lagi, goji berry bisa meningkatkan metabolisme, sehingga tubuh bisa lebih banyak membakar kalori.

Kontrol Gula Darah

Adanya kandungan anti-oksidan yang tinggi pada goji berry membuatnya bisa membantu menurunkan kadar gula darah, mengurangi resistensi insulin, meningkatkan toleransi gula dan memperbaiki sel yang membantu memproduksi insulin.

Cegah Pertumbuhan Sel Kanker

Kandungan antioksidan, karotenoid seperti zeaxanthin dan vitamin C, bisa memerangi sel-sel kanker, melawan pertumbuhan tumor, menurunkan kadar peradangan sitokin dalam darah dan detoksifikasi tubuh dari racun.

Jaga Kesehatan Mata

Kandungan beta-karoten yang terdapat pada goji berry, lebih banyak daripada wortel. Senyawa ini mempunyai peran penting dalam melindungi mata dari penyakit yang berkaitan dengan usia, seperti degenerasi macula atau rabun dekat maupun jauh.

Menghambat Penuaan Dini

Buah ini dipercaya bisa menghambat penuaan. Itulah sebab mengapa goji berry digunakan sebagai bahan tambahan, dalam berbagai produk kosmetik seperti pelembab atau body lotion.

Kandungan anti-oksidan terutama zeaxanthin, bisa mencegah kerusakan sel kolagen di kulit akibat radikal bebas.

Lindungi dari Sinar UV

Mengkonsumsi goji berry, sangat baik bagi kamu yang sering beraktivitas di luar ruangan. Kandungan anti-oksidannya, bermanfaat melindungi kulit agar tidak mudah tersengat paparan sinar matahari langsung. (*/rez)