Kesehatan

Kulit Alami Iritasi? 5 Bahan Alami Ini Bisa Jadi Solusinya!

Banyak hal yang bisa menyebabkan kulit wajah mengalami iritasi. Selain terkena paparan sinar matahari, atau terlalu sering melakukan eksfoliasi atau pengelupasan kulit, bisa juga karena kandungan skincare yang dipakai, terlalu keras.

Bila sudah begitu, tentu penanganannya harus hati-hati. Terutama dalam memilih bahan atau produk yang akan diaplikasikan pada kulit wajah. Sebab, hal tersebut sangat memengaruhi kondisi kulit. Jika salah, bisa membuat iritasi semakin parah. Berikut bahan alami yang bisa kamu gunakan:

Mentimun

Selain vitamin C, mentimun juga memiliki kandungan air yang dapat mengatasi iritasi pada wajah. Utamanya kemerahan karena terpapar sinar matahari yang cukup lama.

Caranya potong tipis mentimun, kemudian tempelkan pada wajah. Lalu biarkan beberapa saat.

Air Mawar

Air mawar, baik bikin sendiri atau dalam kemasan, dapat kamu gunakan saat wajah terkena iritasi dan alergi. Caranya, gunakan sebagai toner dan tempelkan pada bagian wajah yang bermasalah. Kemudian pijat-pijat perlahan agar cairan tersebut meresap.

Bahan alami ini mampu meredakan kemerahan, dan nyeri karena alergi atau faktor pemicu lainnya.

Lidah Buaya

Tak hanya untuk menebalkan rambut saja, nyatanya lidah buaya dapat mengatasi iritasi wajah. Dikarenakan tanaman ini, mengandung auxin dan gibberellins, dua horman yang dapat memulihkan luka dan anti-peradangan.

Ditambah dengan kandungan vitamin E, lidah buaya dapat menenangkan kulit yang kemerahan. Sehingga tak salah bila digunakan saat kulit mengalami masalah, seperti iritasi, luka, dan pecah-pecah.

Untuk mendapatkan hasil maksimalnya, buatlah masker lidah buaya, oleskan pada wajah yang bermasalah. Diamkan beberapa saat. Ulangi beberapa kali bila diperlukan.

Madu

Madu dengan anti-septik dan anti-radangnya, dapat mengatasi iritasi serta kemerahan pada wajah.

Caranya, usai cuci muka, olesi wajah dengan madu secukupnya. Biarkan beberapa saat, kemudian bilas dengan air hangat. Selain mengatasi iritasi, madu juga dapat melembutkan, dan mengencangkan kulit.

Es Batu

Pertolongan pertama yang bisa dilakukan saat wajah iritasi, adalah dengan menempelkan es batu di bagian yang bermasalah. Hal ini baik untuk meredakan kemerahan, menghilangkan rasa gatal dan nyeri akibat iritasi tersebut.

Agar kuat menahan dinginnya es batu, bungkus beberapa balok es di kain bersih. Kemudian tempelkan pada wajah. (*/rez)

Show More

Related Articles

Back to top button
Close