Foto: Pixabay
Hidup Sehat

Kenapa Sih Minum Air Putih Itu Sangat Penting?

56views

Salah satu gaya hidup sehat, adalah rutin mengonsumsi air putih. Karena tubuh manusia mengandung 70% air. Untuk memenuhi kebutuhan cairan tersebut, air putih adalah pilihan yang terbaik.

Karena bila kekurangan cairan, maka tubuh mengalami gangguan yang biasa disebut dehidrasi.

Meski tak berasa, namun air putih yang kaya manfaat dibanding dengan yang beraroma dan beraneka rasa.

Apa yang Terjadi Jika Tubuh Kekurangan Cairan?

Dampak yang terjadi sangat beragam. Salah satunya, adalah menurunnya daya kerja otak. Dengan berkurangnya cairan sebanyak 2%, tingkat konsentrasi akan menurun, dan tubuh terasa lebih berat (mudah lelah). Membuat kamu merasa malas untuk beraktivitas.

Tubuh yang terasa lemas, tentu juga akan memengaruhi penampilan. Karena kulit cenderung kering dan kusam. Napas menjadi tak sedap, dan suasana hati ikut tak menentu.

Dampak lain, adalah terkait nafsu makan. Karena sinyal kekurangan cairan dapat diterima otak sebagai tanda lapar. Membuat kecenderungan ingin mengonsumsi makanan yang mengandung gula tinggi.

Perhatikan Situasi dan Kondisi

Air putih memang baik untuk tubuh, namun ada saat-saat tertentu di mana kamu harus menghindarinya sementara. Salah satunya, saat kamu cukup minum dan terhidrasi.

Apabila air dingin di dalam kulkas diminum saat tubuh cukup terhidrasi, akan memicu berbagai risiko kesehatan. Di antaranya, turunnya kadar sodium/natrium. Kondisi ini disebut sebagai hiponatremia. Dampaknya, kepala pusing, lemah, lesu, mual dan muntah. (*/rez)