Kesehatan

Selain Bikin Rileks, 7 Tanaman Aromatik Ini Punya Manfaat Baik Lainnya

Bersantai sambil menghirup bau wangi tanaman aromatik, tentu akan lebih merilekskan tubuh. Tapi lebih daripada itu, 7 tanaman aromatik berikut, yang jauh lebih bermanfaat. Apa itu? Berikut ulasannya.

Melati

Foto: Serenata Flowers

Melati menjadi bunga yang sering ditanam di sudut halaman rumah. Wanginya kuat dan paling khas di antara jenis bunga yang lainnya. Bahkan, harumnya semakin tajam saat malam hari. Aroma melati dalam membuat tubuh rileks dan tenang, sehingga tidur menjadi lebih nyenyak.

Tak hanya itu, melati juga dapat dimanfaatkan untuk mengatasi iritasi akibat tersengat lebah atau terpapar matahari. Caranya, ambil segenggam daun melati. Kemudian tumbuk halus dan tempelkan pada bagian tubuh yang bermasalah.

Lavender

Foto: durban.getitonline.co.za

Zat linalool asetat yang terkandung di dalamnya, dalam merilekskan tubu yang lelah setelah beraktivitas seharian. Untuk mendapatkan khasiat tersebut, campurkan beberapa tetes ekstrak atau minyak esensial lavender dengan air, kemudian semprotkan di sudut-sudut ruang tidur, bantal, dan tempat tidur. Selain tidur bisa lebih nyenyak, dapat meredakan sakit kepala atau migrain.

Disamping itu, ekstrak lavender kaya akan anti-bakteri. Kamu bisa menyemprotkan campuran air dan minyak esensial bunga ini, di bagian dalam sepatu, atau benda lain yang sering terkena keringat.

Jangan lupa, lavender dapat mengusir nyamuk atau serangga yang membandel. Jadi tidak heran, bila bunga ini dijadikan bahan utama losion anti-nyamuk.

Mawar

Foto: Pixabay

Mawar sering diidentikkan dengan hari kasih sayang. Di luar hal tersebut bunga harum satu ini bermanfaat tak hanya untuk kesehatan tapi juga kecantikan.

Bunga mawar sering dijadikan toner atau penyegar wajah. Caranya, celupkan kapas dalam air mawar, kemudian tepuk secara perlahan pada area wajah. Ulangi beberapa kali dan lakukan tiap malam.

Daun Mint

Foto: istockphoto.com/La_vanda

Daun mint dengan baunya yang segar, biasanya dijadikan bahan campuran makanan dan minuman. Di luar hal tersebut, daun ini bermanfaat untuk mengatasi sakit kepala dan relaksasi badan kelelahan usai beraktivitas seharian.

Sedangkan untuk hal kecantikan, daun mint dapat menyegarkan wajah. Kandungan di dalamnya mampu mengatasi jerawat, bruntusan, kerutan halus di sekitar mata, iritasi dan ruam, serta keluhan lainnya seputar wajah.

Kenanga

Foto: net

Kenanga atau juga disebut ylang-ylang di Malaysia, dikenal sebagai bunga yang harumnya dapat menenangkan pikiran. Bunga ini juga dapat meredakan sakit kepala dan mual. Plus, mengatasi bau badan akibat bakteri.

Caranya rebus beberapa bunga kenanga dengan gula batu dan air. Saring, lalu minumlah secara rutin. Niscaya bau badan secara bertahap akan menghilang.

Cempaka

Foto: net

Cempaka adalah salah satu bunga aromatik yang hidup di daerah beriklim tropis dan sub-tropis. Pohon cempaka relatif berukuran besar, bahkan ada yang mencapai 30 meter.

Bunga dari pohon ini memiliki sejumlah khasiat. Salah satunya, bisa menenangkan syaraf dan tubuh karena adanya kandungan anti-depresan.

Selain itu, bunga ini dapat pula menghilangkan bau badan yang mengganggu. Untuk mendapatkan khasiatnya, rebus beberapa bunga cempaka. Gunakan untuk mandi. Selain itu dapat juga dijadikan minuman. Gunakan beberapa kali untuk hasil yang maksimal.

Sedap Malam

Foto: net

Sudah bukan rahasia lagi kalau bunga sedap malam memiliki wangi khas, yang dapat memberikan ketenangan bagi siapapun yang menghirupnya. Sering digunakan dalam berbagai acara sakral, nyatanya bunga ini berkhasiat untuk meningkatkan daya tahan tubuh, serta membuat tidur menjadi lelap.

Satu lagi, bunga ini identik dengan hal romantis karena dapat meningkatkan gairah seks, dan memberikan kesan sensual. (*/rez)

Show More

Related Articles

Back to top button
Close