Foto: Pexels
DietHidup Sehat

3 Manfaat Penting Dari Mengkonsumsi Daging Kelapa Muda

74views

Pada umumnya, daging kelapa muda atau yang disebut degan, punya tekstur yang lembut, tipis seperti selaput jeli hingga padat tapi tidak terlalu keras tergantung dari tingkat kematangannya.

Daging kelapa muda ini bisa dimakan langsung, atau dipakai sebagai campuran dalam berbagai minuman, kue dan lainnya.

Dalam 200 gram daging kelapa muda, terkandung 283 kalori, dan air sebanyak lebih kurang 37 gram. Juga mengandung total lemak sebanyak 26.8 gram, karbohidrat 12 gram dan gula sekitar 5 gram.

Selain itu, daging kelapa muda juga merupakan sumber kalium dan sodium, yaitu 285 miligram dan 16 miligram. Serta vitamin B termasuk folat, sebanyak 21 mikrogram.

Dengan berbagai kandungan gizi tersebut, maka tak salah bila daging kelapa muda punya banyak manfaat untuk kesehatan tubuh.

Lalu apa saja manfaatnya?

Turunkan Bobot

Salah satu manfaatnya adalah menurunkan berat badan. Pasalnya, dengan adanya serat yang cukup tinggi (memenuhi kebutuhan tubuh sebanyak 20%), maka dapat memecah lemak dan membuatmu merasa kenyang lebih lama. Sehingga keinginan untuk makan secara berlebih jadi berkurang.

Dampak positif lainnya, berkat serat yang cukup, laju pembuangan feses (BAB) bersamaan dengan zat-zat yang tak diperlukan oleh tubuh dapat berjalan normal. Tentu sembelit dapat dicegah karenanya.

Oleh karena itu, sistem metabolisme menjadi lancar, sehingga tubuh tak mudah terserang penyakit menular seperti flu atau demam. Kesehatan organ yang lain pun juga dapat berfungsi dengan baik.

Baca Juga: 7 Tips Agar Diet tak Lagi Menjemukan!

Turunkan Kolesterol

Bagi kamu yang ingin menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh, bisa lho dengan mengkonsumsi ini. Mengapa? Karena daging buah kelapa mengandung lemak jenuh yang mampu menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh. Jika kadar kolesterol dalam darah terjaga, tentu bisa memperkecil risiko penyakit jantung.

Baca Juga: Menyimak Kiat Bugar Ratu Elizabeth II di Usia Senja

Pembangkit Energi

Ketika menjalani program penurunan berat badan, sebagian orang akan melakukan kegiatan pembakaran lemak dengan berolahraga. Diperlukan stamina cukup untuk melakukannya. Oleh karena itu, asupan karbohidrat jelas dibutuhkan untuk membangkitkan energi. Salah satu bahan makanan yang bisa dijadikan pilihan adalah daging kelapa muda. Pasalnya, kelapa muda mengandung karbohidrat yang cukup, sehingga dapat mendorong energi secara instan. (*/rez)