Foto: NetDoctor
Ragam

5 Cara Simpel untuk Atasi Mata Sembap

90views

Mata sembap bisa terjadi karena adanya tumpukan cairan di jaringan mata, terutama di bagian kelopak. Hal ini bisa dipicu dari perubahan hormon, alergi, melemahnya jaringan mata dan lain-lain.

Contohnya saja usai menangis semalaman, jadwal tidur yang tidak teratur, faktor genetik, dan terlalu lama pakai lensa kontak, juga bisa menjadi penyebab mata sembap.

Lalu bagaimana cara mengatasinya? Tips berikut bisa jadi solusinya:

Perbanyak Minum Air Putih

Dehidrasi dan kelebihan garam, menjadi alasan di balik adanya bagian tubuh bengkak dan sembap. Untuk mengatasi hal tersebut, minum air putih rutin dan cukup, dapat mengurangi keluhan tersebut. Karena air akan mengeluarkan toksin yang tak diperlukan tubuh, juga mengurangi dampak kelebihan garam yang dapat membuat mata sembap.

Selain air putih, buah dan sayur kaya air juga dapat membantu mengempeskan mata sembap dari dalam. Contohnya saja semangka, nanas, dan mentimun.

Sendok Dingin

Sendok dingin bisa menjadi salah satu solusi. Benda ini membantu mengempiskan pembuluh darah di sekitar mata, agar menjadi lebih lentur dan menyamarkan sembap.

Caranya, masukkan beberapa sendok kecil ke dalam freezer selama 20 menit. Kemudian tempelkan bagian cembung ke bagian mata sampai suhu dinginnya menghilang. Ulangi cara yang sama dengan sendok dingin lain.

Es Batu

Ambil bongkahan es batu yang kecil, kemudian tempelkan di bagian mata. Bila kamu tak kuat dengan dinginnya, bisa pula membungkus benda ini dalam kain dan tempelkan di area yang sembap.

Foto: 101foodtravel.com

Lemon

Buah kaya vitamin C ini dapat meluruhkan kelebihan cairan yang ada di daerah mata. Tak hanya itu saja, lemon juga dikenal dapat mencerahan kulit karena kandungan vitamin C alaminya. Sehingga cocok untuk memudarkan lingkar hitam di bawah mata.

Teh Celup

Teh celup bekas, terutama varian teh hijau, mengandung anti-oksidan dan kafein yang bisa membantu mengempeskan mata sembap.

Sebelum ditempelkan di kedua mata, sebaiknya letakkan teh celup di lemari es selama beberapa saat. Atau celupkan dalam air dingin. Dengan adanya sensasi dingin di bagian mata, lingkaran hitam di area mata akan memudar. (*/rez)