penyebab berat badan susah turun
Foto: woman.forumdaily.com
Diet

Berat Badan Susah Turun? 6 Faktor Ini Bisa Jadi Penyebabnya

63views

Kenaikan atau turunnya berat badan, tak melulu karena jumlah asupan berlebih yang masuk dalam tubuh, atau seberapa rutin kamu berolahraga.

Berikut adalah faktor-faktor yang menjadi penghalang antara kamu dan berat badan ideal yang ingin dicapai.

1. Kurang Tidur

Terlihat sepele memang, namun bisa kurang tidur dalam jangka waktu yang panjang, bisa menambah bobot tubuh, lho.

Dalam sebuah penelitian yang dilakukan oleh The International Journal of Obesity menyatakan, bahwa kurang tidur dapat mengacaukan hormon seseorang sehingga sulit menurunkan berat badan.

Tidur yang kurang dari 7,7 jam per malam, menciptakan ketidakseimbangan hormon pengatur nafsu makan dan rasa kenyang. Akibatnya, saat tubuh kurang tidur, kamu akan merasa lapar dan tidak akan merasa puas meski sudah banyak makan. Tentu kalori yang diasup pun jumlahnya lebih banyak dari biasanya.

2. Kekurangan Nutrisi

Kurangnya nutrisi seperti vitamin D, magnesium, zat besi, dapat mengacaukan sistem imun tubuh. Dampaknya, kamu akan mudah lesu, lelah, dan susah mengontrol nafsu makan.

Tentu hal itu dapat menaikkan bobot tubuh. Agar tak ’kecolongan’, sebaiknya rutin mengonsumsi asupan yang kaya magnesium dan zat besi seperti daging atau bayam.

3. Sembelit

Permasalahan pencernaan seperti sembelit, bisa jadi salah satu alasan meningkatnya berat badan. Pergerakan usus yang lambat, menyebabkan banyaknya tumpukan bakteri jahat. Hal ini biasanya disebabkan oleh kurangnya asupan air putih, serat, dan kandungan probiotik dalam tubuh.

Untuk itu, biasakan mengonsumsi makanan dan minuman yang mengandung banyak serat, agar pencernaan kembali lancar.

4. Faktor Usia

Melambatnya metabolisme karena usia, juga bisa jadi satu alasan meningkatnya berat badan. Tubuh tak membakar kalori sebanyak di usia muda. Beberapa penelitian menunjukkan, bahwa di atas usia 40 tahun, tubuh kehilangan massa otot yang dapat melambatkan metabolisme. Otomatis dapat menaikkan berat badan dengan adanya peningkatan massa lemak dan penurunan jumlah kalori yang dibakar tubuh.

Untuk menjaga bentuk tubuh tetap ideal, lakukan olahraga dengan intensitas sedang. Hal tersebut dapat membantu menjaga persentase lemak tubuh turun seiring bertambahnya usia. Jangan lupa banyak mengonsumsi asupan kaya air, sayur, juga buah-buahan.

5. Stres

Namanya hidup pasti ada saja hal yang membuat kita stres. Segala bentuk stres, baik fisik maupun psikologis diatasi oleh tubuh dengan cara yang sama. Otak bertindak seakan ada bahaya fisik dan melepaskan hormon agar kamu memiliki energi untuk mengatasi hal tersebut.

Pada saat yang sama, tubuh akan dialiri kortisol sehingga seolah-olah membutuhkan energi tambahan meski tak sedang membakar banyak kalori. Itulah mengapa kamu mudah lapar meski sudah makan.

”Tubuh cenderung ingin mengonsumsi makanan manis dan berkalori tinggi secara terus menerus selama stres berlangsung,” ungkap Elissa Epel, PhD, periset dari University of California.

Salah satu cara untuk meredakan tingkat stres, adalah dengan meditasi, dan olahraga rutin seperti yoga atau bersepeda.

6. Kebiasaan

Hal sederhana seperti jarang berjalan kaki, terlalu banyak duduk, atau banyak mengonsumsi soda saat makan siang bisa menambah berat tubuh tanpa disadari. Belum lagi jika kamu tidak membiasakan diri untuk menghitung berapa banyak kalori yang telah dikonsumsi. (*)