Kesehatan

7 Bahan Dapur yang Bisa Bantu Atasi Tenggorokan Kering

Tenggorokan kering, gatal, sakit, dan tak nyamanm tentu sangat mengganggu aktivitas. Penyebabnya bisa banyak hal, misalnya karena dehidrasi atau dinginnya AC.

Selain itu, tenggorokan kering juga bisa disebabkan oleh asap rokok, minuman ber-alkohol, alergi, iritasi, dan virus.

Untuk mengatasinya, kamu bisa memanfaatkan bahan-bahan dapur sederhana berikut ini:

Foto: net

1. Garam

Garam merupakan bahan dapur yang mengandung anti-bakteri, yang dapat mengurangi rasa tidak nyaman karena bakteri maupun virus pada mulut.

Untuk memanfaatkannya, larutkan satu sendok teh garam ke dalam satu gelas air hangat. Kemudian kumur secara rutin hingga tenggorokan terasa nyaman. Jangan lupa perbanyak minum air putih juga, ya.

Foto: net

2. Jahe

Sejak zaman dahulu, ramuan jahe digunakan untuk mengatasi rasa tak nyaman pada tenggorokan, termasuk kering dan rasa gatal-gatal.

Hal ini tidak salah, karena jahe mengandung anti-bakteri dan anti-peradangan yang dapat mempercepat penyembuhan. Karena itu, wedang atau sajian olahan jahe, cukup ampuh untuk membuat tenggorokan kembali seperti semula.

Foto: net

3. Lemon – Madu

Perpaduan dua bahan ini, bisa dijadikan minuman yang dapat mengatasi tenggorokan kering. Hal ini berkat kandungan vitamin C yang kaya anti-oksidan, anti-bakteri, dan anti-peradangan.

Foto: net

4. Nanas

Tenggorokan kering merupakan salah satu gejala awal flu atau demam. Sebelum parah dan mengganggu aktivitasmu, cobalah mengonsumsi nanas. Buah ini mengandung vitamin C yang dapat melindungi tubuh dari bakteri maupun virus. Sehingga mampu mempercepat penyembuhan dan meningkatkan daya tahan tubuh. Termasuk mengembalikan kondisi tenggorokan menjadi semula.

Foto: net

5. Bawang Putih

Rasa tak nyaman karena tenggorokan kering, dapat pula diatasi dengan sup hangat dengan kaldu berbawang putih. Pasalnya, bahan dapur ini mengandung allicin, zat yang dapat mengenyahkan bakteri dan melawan kuman penyebab sakit tersebut.

Foto: net

6. Daun Kemangi

Daun kemangi menyimpan kandungan vitamin C, maupun zat seperti stragole, linalool, cineole, eugenol, sabinen, myrcene, dan limonene yang dapat membunuh berbagai jenis kuman serta melembapkan tenggorokan seperti semula.

Untuk mendapat khasiat tersebut, kamu dapat merebus dengan air secukupnya. Minum secara berkala sampai tenggorokan sembuh.

Foto: net

7. Air Kelapa

Dehidrasi terlebih dalam kondisi tubuh yang kelelahan, dapat menyebabkan tenggorokan kering. Kamu dapat bugar seperti sedia kala dengan air kelapa. Kandungan ionnya dapat menggantikan cairan tubuh dan mengembalikan metabolisme tubuh seperti semula. Sehingga tenggorokan pulih kembali. (*/rez)

Show More

Related Articles

Back to top button
Close