Kesehatan

Amankah Mengonsumsi Vitamin Kedaluwarsa?

Memang benar, selain mengkonsumsi makanan dan minuman bernutrisi, suplemen vitamin juga diperlukan agar tubuh tetap bugar. Namun terkadang, karena satu dan lain hal, suplemen tersebut tersimpan rapi dalam wadah dan tak tersentuh.

Lalu apa yang terjadi vitamin tersebut, sudah melewati tanggal kadaluarsanya? Apakah masih aman untuk dikonsumsi?

Menurut FDA atau Food and Drug Administration (Badan Pengawas Obat dan Makanan di Amerika Serikat), sama seperti jenis obat lainnya, suplemen juga memiliki masa kedaluwarsa. Bedanya, jika obat yang sudah basi dapat membahayakan tubuh, sedangkan vitamin justru masih aman untuk dikonsumsi.

Tanggal tersebut hanya menunjukkan waktu terakhir kandungan nutrisi di dalamnya bekerja optimal. Tak berbahaya, hanya saja khasiatnya menjadi tidak maksimal lagi.

Walau begitu, perhatikan kondisi fisik suplemen tersebut. Jika sudah dipenuhi jamur, berubah warna, serta memiliki bau menyengat, tentu suplemen tersebut sudah tak layak lagi untuk dikonsumsi. Buang suplemen itu ke dalam tempat sampah. Hindari membuang ke dalam toilet atau selokan, karena dapat meracuni organisme dalam air.

Foto: stuff.co.nz

Kenali Vitamin yang Tidak Tahan Lama

Perlu diperhatikan, beberapa jenis vitamin bisa kedaluwarsa lebih cepat.

”Vitamin yang larut dalam air—seperti B12 dan vitamin C—lebih mungkin kehilangan nutrisinya dengan cepat—bila tak dikonsumsi dalam waktu lama,” kata Shanna Levine, MD, instruktur klinis kedokteran di Rumah Sakit Mount Sinai di New York. ”Beda dengan vitamin yang larut dalam lemak, seperti vitamin A, D, E, dan K,” imbuhnya.

Agar tahan lama sampai masa kedaluwarsanya, maka jauhkan vitamin tersebut dari sinar matahari, suhu panas, kontaminasi udara dan kelembapan. Karena kualitas suplemen, juga tergantung dari cara penyimpanannya. 

Foto: drumsimpson.ga

Meski dikatakan aman untuk mengkonsumsi suplemen yang kadaluarsa, namun sangat disarankan untuk mengkonsumsinya sebelum tanggal kadaluarsa. Karena bagaimanapun juga, setiap orang memiliki daya tahan tubuh yang berbeda-beda. Bagi sebagian orang, mengkonsumsi suplemen yang kadaluarsa justru beresiko tinggi. (*/rez)

Show More

Related Articles

Back to top button
Close