Foto: Rebecca Doyle Photography
Hidup Sehat

Hindari Kebiasan Membawa Barang Ini ke Dalam Kamar Mandi

117views

Ketika kita sedang berada di kamar mandi, seringkali kita menemukan sejumlah barang pribadi lain yang sengaja kita taruh agar lebih praktis untuk digunakan.

Barang-barang tersebut sengaja ditaruh di kamar mandi, agar kita bisa langsung menggunakannya tanpa repot keluar kamar mandi. Namun tahukah kamu, bahwa kebiasaan membawa barang-barang pribadi ke dalam kamar mandi, ternyata sangat tidak baik, lho!

Barang apa saja sih yang sering ada di kamar mandi, dan sebenarnya tidak boleh ditaruh disana? Dan kenapa? Ini dia penjelasannya.

Handphone

Foto: Pexels

Kebiasaan ini hampir pernah dilakukan setiap orang. Ketergantungan terhadap handphone, membuat sebagian orang membawanya hingga ketika masuk ke dalam toilet.

Namun kebiasaan ini sangatlah berbahaya. Pasalnya, kamar mandi merupakan ladang bakteri. Sedangkan bakteri dan kuman yang seharian ada di tanganmu bisa berpindah ke permukaan handphone. Hal ini bisa menjadi sarana penyebaran kuman, bakteri dan virus penyebab penyakit.

Sikat Gigi

Foto: Pexels

Menurut penelitian, hampir 90% masyarakat Indonesia menyimpan sikat gigi di dalam kamar mandi. Padahal, jika dibiarkan basah dan disimpan di ruang lembap dengan suhu berubah-ubah, sikat gigi akan mengandung kotoran dan bakteri yang pasti merugikan tubuh.

Menggunakan tutup sikat gigi juga bukanlah suatu solusi, karena bakteri justru terjebak di dalamnya. Sebaiknya simpan di luar kamar mandi dan keringkan usai penggunaan.

Handuk

Foto: Pexels

Handuk adalah salah satu benda yang biasa digantung di kamar mandi. Sayangnya, hal ini justru menjadi bumerang ketika dibiarkan basah. Bakteri pun dengan mudahnya bersarang di handuk kesayanganmu.

Hasilnya, kulit yang baru saja dibersihkan malah bisa kembali kotor dan gatal-gatal. Sebaiknya simpan handuk di luar kamar mandi, dan jemur di bawah sinar matahari. Paling tidak, ganti handuk seminggu sekali demi menghindari bakteri yang merugikan tubuh.

Alat Cukur dan Pengering Rambut

Foto: Pexels

Alat cukur elektrik dan pengering rambut, khususnya yang tak memiliki ketahanan terhadap air, sebaiknya tak diletakkan di kamar mandi. \

Meski tempat mandi dan berias terpisah, risiko tersetrum alat elektronik cukup tinggi. Tak hanya itu saja, alat cukur non-elektronik juga tak sebaiknya disimpan dalam kamar mandi. Pasalnya, suhu lembap bisa membuat pisau cukurmu mudah berkarat dan tumpul. Efeknya0, hasil cukur tak sempurna dan kulit bisa terluka karenanya.

Shower Puff

Foto: net

Sebagian besar orang lebih suka menggunakan shower puff ketika mandi. Sayangnya, hal ini dapat mengundang sarang bakteri dan jamur. Itulah sebabnya, kurangi kebiasaan meninggalkan Shower puff di dalam kamar mandi.

Selain itu, rajin-rajinlah mengganti shower puff setiap dua bulan sekali, agar kuman dan bakteri tidak berkumpul dan justru membawa dampak buruk bagi kulit kita.

Kuas Kosmetik

Foto: Pexels

Ketika usai membersihkan kuas makeup, seringkali orang-orang meninggalkannya di dalam kamar mandi agar lebih cepat kering. Padahal, meletakkan kuas kosmetik di dalam kamar mandi justru menyebabkan banyaknya kuman yang bersarang. Kelembapan udara bisa menimbulkan lumut dan jamur, sehingga kebersihan wajah menjadi taruhannya. Untuk amannya, simpan kuas kosmetik di suhu ruang seperti kamar tidur. (*)