facial roller
Ragam

Kenali Jenis dan Manfaat Facial Roller Untuk Kecantikan

86views

Beberapa minggu belakangan, para ahli kecantikan, model ternama, Youtuber, atau vlogger berbondong-bondong menggunakan alat bantu pijat wajah berbentuk rol batu. Alat ini dipercaya dapat melancarkan peredaran darah, mengencangkan, menyamarkan garis-garis halus dan kerutan. Plus rol batu dapat membantu proses penyerapan nutrisi secara maksimal dari produk skincare.  Dengan demikian, mencegah penuaan dini dan meremajakan kulit wajah.

Menjadi tren dalam dunia kecantikan, sebenarnya rol batu bukanlah terobosan baru. Alat ini begitu penting bagi masyarakat Tiongkok sejak abad ke tujuh sebagai perlindungan dari radikal bebas. Dengan memijat rutin wajah, alat ini dapat mengatasi mata ’panda’ alias lingkaran hitam di bawah mata karena kelelahan.

Beberapa jenis batu yang digunakan di antaranya batu giok, batu permata rose quartz, batu kecubung. Ketiga jenis alat bantu wajah yang dikenal dengan facial roller ini, memiliki desain sederhana dengan pegangan ramping yang menghubungakan dua rol di setiap ujungnya.

Pada masing-masing ujungnya terdapat batu, dengan ukuran kecil dan besar. Ukuran ini disesuaikan dengan area pada wajah. Ukuran kecil untuk area dibawah mata, sedangkan untuk dahi, rahang, dan pipi menggunakan sisi batu yang berukuran lebih besar. Berikut detailnya:

Rol Batu Giok

tren facial roller
Foto: Net

Rol batu giok atau jade roller makin digemari, karena banyak wanita yang ingin meminimalisir penggunaan produk kimia.

Selaras dengan hal tersebut, dr Jennifer Chwalek, M.D., seperti dikutip Glamour mengungkapkan, ”Pijatan wajah yang dibantu dengan rol batu giok dapat memperlancar sirkulasi darah, melancarkan saluran limfatik, dan membuang kelebihan air yang membuat wajah terlihat bengkak,”. Pijatan ini dikenal dengan istilah Manual Lymphatic Drainage (MLD).

Jenis facial roller satu ini memang terbilang paling populer diantara semuanya. Jade roller terbuat dari batu giok, diadaptasi dari budaya masyarakat Tiongkok.

Batu ini memiliki warna hijau yang mana dipercaya, dapat memberikan energi positif. Penggunaan jade roller sesungguhnya telah dilakukan di sejumlah tempat seperti salon atau spa. Namun kini, kamu bisa membeli jade roller di sejumlah toko online. Harga yang dijual sekitar Rp. 200.000-Rp. 300.000. Sehingga kamu bisa melakukan pijat wajah dengan menggunakan jade roller dimana saja.

Rol Batu Mawar Kuarsa

tren facial roller
Foto: Net

Memiliki nama lain stone of love atau batu cinta, jenis batu mawar kuarsa (rose quartz) memiliki warna yang menarik yaitu merah muda. Menurut kepercayaan masyarakat Mesir kuno, rose quartz dapat menumbuhkan perasaan hangat dan damai.

Batu ini juga dianggap ampuh untuk meredakan ketegangan akibat sakit kepala. Sehingga jenis facial roller ini, bisa jadi alternatif bagi kamu yang sedang sakit kepala karena kelelahan. Selain itu, secara spiritual jenis batu rose quartz kerap kali dikaitkan dengan perasaan cinta baik, kepada orang lain maupun diri sendiri.

Rol Batu Kecubung

tren facial roller
Foto: Net

Sebelum menjadi tren alat pijat wajah, jenis batu amethyst atau batu kecubung sering dijadikan sebagai bahan cincin batu akik. Setelah sempat menjadi tren di kalangan pencinta batu akik di Indonesia, batu kecubung nyatanya masih dipercaya sebagai salah satu alat yang bermanfaat bagi kesehatan.

Alat ini memiliki manfaat yang hampir sama dengan jenis facial roller lainnya, yaitu membentuk otat wajah agar lebih rileks. Selain itu, jenis batu dengan warna khas ungu ini, juga mampu mengurangi permasalahan kulit kendur pada wajah. Sehingga dengan pemakaian yang tepat dan teratur, kulit wajah menjadi sehat dan kencang. (*)