manfaat putih telur
Hidup Sehat

Jangan Sepelekan Kandungan Dalam Putih Telur!

54views

Meski terkesan sederhana, namun dalam putih telur terdapat sejumlah kandungan yang baik bagi kita. Tidak hanya dengan memakannya saja, melainkan juga bisa dipakai pada bagian tubuh tertentu. Benarkah?

Lalu apa saja manfaat putih telur?

Tinggi Protein

Pada satu butir putih telur, mengandung 4 gram protein tanpa lemak, apabila dimasak dengan cara direbus. Protein sendiri sangat diperlukan tubuh untuk energi, pembentukan otot dan sebagainya.

Turunkan Resiko Penyakit Jantung

Tak hanya tinggi protein, risiko penyakit jantung juga bisa diminimalisir dengan bahan makanan ini. Terutama bagi yang mempunyai masalah dengan kadar kolesterol yang tinggi.

Hal ini dikarenakan, nutrisi dalam putih telur bersifat mengikat kolesterol jahat di dalam tubuh. Sehingga kandungan tersebut bisa menurunkan risiko penyakit jantung. 

Saraf dan Fungsi Otak

Didalam putih telur, juga terkandung kolin yang bermanfaat untuk membantu melancarkan proses pembentukan sel DNA. Selain itu, juga bermanfaat memaksimalkan fungsi saraf dan otak. Dengan kata lain, kamu dapat terus fokus dan tidak mudah lupa saat menjalani hari.

Detoksifikasi

Hebatnya lagi, putih telur membantu detoksifikasi dalam tubuh. Jadi tubuh tak mudah terserang penyakit atau keluhan lainnya.

Tingkatkan Kesehatan Kulit

Kandungan kolagen pada putih telur, bermanfaat untuk menjaga kesehatan kulit. Biasanya putih telur digunakan untuk masker. Dengan menggunakan masker dari putih telur, wajah akan terhindar dari jerawat, komedo dan wajah kusam. Selain itu, kandungan nutrisinya bisa menjaga kulit tetap kencang.

Menyehatkan Rambut

Selain untuk kulit wajah, putih telur juga bisa lho dipakai untuk perawatan rambut. Siapkan saja putih telur yang sudah dicampur dengan air dan diaplikasikan langsung pada rambut. Dengan penggunaan putih telur secara rutin, maka rambut pun akan semakin sehat.

Bantu Jaga Kesehatan Ibu Hamil

Seperti yang diketahui, ibu hamil memerlukan energi yang lebih banyak dari biasanya. Dengan kandungan protein yang cukup, maka dapat mencegah bayi lahir prematur dan bayi dengan berat badan rendah. (*/rez)